Transformasi Ide Menjadi Realita

https://i1.wp.com/dbgorg00d8r0p.cloudfront.net/wp-content/uploads/2012/09/idea.jpg

Setiap kali berpikir, ide bisa saja muncul. Sangat mudah. Bagian yang tersulit adalah mengubahnya menjadi realita. Hal ini kerap menimpa calon entrepreneur dan bahkan oleh para entrepreneur itu sendiri ketika bisnis telah berjalan seiring waktu dan membutuhkan inovasi untuk mengembangkan bisnisnya.

Begitu banyak hal yang harus diurus dalam memulai bisnis, proses transformasi dari ide mentah menuju ide yang siap diimplementasikan hingga ke tahap aksi yang menghasilkan dampak kadang justru terabaikan. Padahal, tak jarang dari ide yang sekilas muncul itulah peluang bisnis tercipta.

Berikut tujuh tahapan untuk mengubah ide menjadi realita menurut Alex Budak, sosial entrepreneur pendiri situs StartSomeGood dan anggota Young Entrepreneur Council (YEC) seperti dilansir dari U.S. News & World Report, Jumat (4/11).

#1. Memberi tahu ide Anda kepada orang lain

Sering kali calon pelaku bisnis menyimpan ide dalam pikiran mereka sendiri karena diliputi oleh rasa takut. Takut gagal—bagaimana jika tak berhasil, takut sukses—bagaimana jika ide ini berhasil dan mengubah hidup saya, takut ditiru—bagaimana jika seseorang mencuri ide saya, dan ketakutan lainnya. Padahal, tahap pertama dalam proses transformasi ide menjadi realita adalah dengan menceritakan ide tersebut kepada orang lain.

Menurut Budak, saat dirinya sharing konsep mengenai StartSomeGood, tak hanya rasa percaya diri sebagai modal berbisnis yang diperolehnya tapi juga feedback penting yang dapat memoles ide mentah miliknya menjadi sebuah konsep berpola.

#2. Mencari partner

Langkah selanjutnya adalah mencari partner. Dunia entrepreneurship menyimpan kerikil tajam yang siap menghadang langkah Anda. Karena itu, keberadaan partner yang memiliki visi sama dengan Anda juga sangat penting. Dengan demikian, Anda tidak akan sendirian saat menempuh perjalanan serta berpetualang dalam dunia entrepreneurship. Lakukan apapun yang Anda bisa agar partner tak berpaling terlebih saat beragam masalah menerjang bisnis kalian.

#3. Mulai dari skala kecil

Facebook tidak dirancang dalam semalam, begitu pula halnya dengan Google,dan Kaskus yang harus menempuh perjalanan panjang untuk menjadi sebesar sekarang. Cobalah untuk membangun sesuatu dari skala yang kecil. Yang terpenting berani untuk meluncurkannya ke publik untuk menguji ide Anda. Sebelum menggapai impian memeroleh jutaan pelanggan, cobalah untuk mengimplementasikannya terhadap 100 konsumen pertama dengan se-enjoy mungkin.

#4. Manfaatkan prasarana gratis

Gunakan prasarana gratis dalam perjalanan pengimplementasian ide menjadi realita seperti fasilitas Dropbox untuk menyinkronisasi dokumen atau Pivotal Tracker untuk menajemen proyek. Dengan begitu, Anda bisa menghemat biaya pengeluaran kala merintis bisnis.

#5. Bangun koneksi

Pada umumnya, entrepreneur adalah sosok konektor yang andal. Jadi, bangun sebanyak mungkin relasi yang bisa Anda lakukan. Hadiri pertemuan komunitas, seminar serta pameran yang menjadi wadah para entrepreneur untuk menambah koneksi. Networking menyimpan manfaat yang sangat besar bagi bisnis Anda.

#6. Membangun relasi dengan non-entrepreneur

Anda telah memiliki partner, relasi yang Anda miliki juga bertambah. Tapi masih ada hal penting yang juga dibutuhkan dalam mengimplementasikan ide menjadi realita yaitu dukungan dari orang-orang yang tak memiliki latar belakang sebagai entrepreneur. Membangun relasi dengan non-entrepreneur bisa membantu Anda menghadapi realita yang sesungguhnya.

#7. Menjaga diri sendiri

Mengimplementasikan ide menjadi realita bukanlah pekerjaan mudah. Anda mungkin membutuhkan waktu 18 jam sehari atau bahkan lebih untuk mencapainya. Stres? Pasti! Tapi, jangan sampai hal itu membuat kinerja serta kualitas Anda menurun. Maka itu, jaga kesehatan tubuh serta mental Anda dengan tiga aktivitas; tidur, makan dan olahraga dengan masing-masing porsi yang mencukupi.

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap mengimplementasikan ide dan terjun dalam dunia bisnis? Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s