Memimpin di tengah Kesulitan

Sebuah kepemimpinan tidaklah selalu berjalan mulus, kadangkala waktu sulit mampir untuk menguji kesabaran dan ketekunan Anda. Apabila Anda merasa diri Anda sebagai pemimpin yang berkualitas tinggi, dan ketika waktu sulit hadir untuk menguji kualitas total dari kepemimpinan Anda, maka disitulah Anda harus berdiri tegar dan super sabar dalam menyelesaikan semua benang kusut dengan tenang, yakin, dan percaya diri.

Leaders, Di waktu sulit Anda harus menunjukkan kepada semua bawahan Anda sebuah sikap sejuk yang mendinginkan pikiran dan membangkitkan gairah, agar semua orang bisa bekerja dengan akal sehat dalam upaya untuk segera keluar dari cengkraman waktu sulit tersebut. Pemimpin harus memimpin dengan kredibilitas yang dikomunikasikan secara sempurna kepada semua bawahannya. Setiap ucapan dan perilaku Anda sebagai pemimpin harus bisa dipercaya dan memiliki nilai integritas yang kuat.

Pemimpin yang bersemangat tinggi untuk segera keluar dari waktu sulit pastilah akan menjadi seorang komunikator ulung yang membangkitkan semangat dan motivasi semua orang. Semangat yang berkobar – kobar adalah sikap terpenting dalam menaklukkan waktu sulit. Janganlah sekali-kali Anda terperangkap kepada perasaan emosi ataupun kesal oleh situasi yang tidak berpihak kepada Anda. Anda sebagai pemimpin wajib hukumnya menjaga ketenangan dan kepercayaan diri dalam situasi segenting apa pun. Dengan perasaan tenang yang penuh percaya diri, Anda akan bisa mengatasi semua hal tersulit secara lebih sederhana.
Sebagai pemimpin yang andal dan berkualitas tinggi hanya di waktu sulit itulah Anda bisa bercermin secara jelas dan terang tentang kualitas diri Anda sebagai pemimpin yang unggul.
Bila tidak ada waktu sulit, Anda hanya akan sibuk dalam sebuah sistem mapan yang penuh dengan kegiatan rutin tanpa tantangan yang berarti buat hidup Anda. Dan dalam keadaan seperti ini Anda sebenarnya belum layak disebut sebagai pemimpin andal, sebab pemimpin andal yang berkualitas unggul hanyalah lahir dari menaklukkan berbagai macam waktu sulit secara sempurna.
Apabila Anda selama ini merasa aman – aman saja menjalankan roda kepemimpinan tanpa kehadiran waktu sulit, saya sarankan lebih berhati-hatilah untuk tetap waspada menjaga segala macam potensi risiko yang bisa memicu waktu sulit menghampiri kepemimpinan Anda.

Memimpin di waktu sulit diperlukan ketegaran diri yang super kuat, dalam balutan kemampuan berkomunikasi yang mendamaikan dan meningkatkan semangat juang dari setiap orang untuk tetap berada dalam kapal induk organisasi, tanpa pernah berpikir untuk kabur dari kenyataan yang sedang dihadapi organisasi tersebut.Pemimpin adalah pusat energi terkuat dalam organisasi, dan sebagai pusat energi, pemimpin haruslah memiliki tingkat kesadaran yang tertinggi dalam memberikan rasa percaya diri dan semangat berjuang kepada seluruh bawahannya tanpa pernah meninggalkan seorang pun. Bila Anda sebagai pemimpin organisasi tidak memiliki sifat kepemimpinan yang super sabar dan super cerdik, maka waktu sulit tidaklah mudah pergi meninggalkan organisasi yang sedang Anda pimpin. Keyakinan dan rasa percaya diri yang tinggi adalah senjata super hebat dalam mengatasi semua derita yang ditimbulkan oleh waktu sulit. Memimpin di waktu sulit diperlukan hati dan pikiran yang mulia untuk merangkul semua kekuatan sumber daya manusia dalam sebuah keharmonisan hubungan kerja tanpa syarat.

Pemimpin bersama semua kekuatan bawahannya harus bijak dan cerdik dalam merangkai kerja sama yang kuat diantara semua potensi yang tersedia, dan kemudian secara bertahap dalam tingkat keyakinan yang tinggi membenahi benang kusut organisasi menjadi lebih sempurna. Pemimpin harus bisa berbagi tugas dan peran tanpa mengkosentrasikan semua kekuasaan ditangannya sendiri, dan pemimpin harus cerdas membagi tugas untuk bisa dikerjakan oleh semua orang dalam tingkat partisipasi tertinggi. Memimpin di waktu sulit tidaklah sama seperti ketika Anda memimpin di waktu yang penuh kemudahan. Di waktu yang penuh kemudahan akan datang berbagai macam bantuan yang tidak Anda perlukan, serta orang – orang dengan segala hormat dan gaya super sopan untuk mendekati dan mengelilingi diri Anda, tetapi ketika Anda terjebak di waktu sulit semua bantuan, rasa hormat, dan gaya super sopan tersebut akan tergantikan oleh sikap penuh curiga dari orang – orang yang sebelumnya mengelilingi Anda dengan lagu – lagu merdu yang indah dengan lirik puji rayunya.

Bagaimanapun waktu sulit akan menjadi guru terbaik buat diri Anda untuk menjadi pemimpin yang lebih cerdas dan bijaksana. Mungkin saja tanpa waktu sulit Anda tidak akan pernah mengerti tentang cara dan strategi perjuangan menaklukkan musuh – musuh yang berkostum ‘Masa Sulit’, dan yang pasti Anda tidak boleh ketakutan dan lari dari realitas yang diberikan oleh waktu sulit tersebut.

Memimpin di waktu sulit diperlukan keyakinan, ketenangan, kekuatan mental, kepercayaan diri, dan keberanian untuk bertindak secara bijaksana dalam upaya menjauhkan sang waktu sulit dari kehidupan organisasi Anda. Kerja keras, kesabaran, ketekunan yang dikolaborasikan bersama semua kekuatan sumber daya yang Anda miliki merupakan cara terbaik dalam memenangkan pertempuran melawan waktu sulit. Dan Anda adalah sang pemimpin Andal yang selalu siap bertarung melawan waktu sulit, untuk menghadirkan waktu terbaik yang menguntungkan semua stakeholders Anda. (ndy)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s