3 Perusahaan yang Mengubah Dunia

Perusahaan atau korporasi kini tampaknya telah menjadi entitas yang sangat dekat dengan keseharian kita. Sejak dari bangun di keheningan fajar hingga kembali terlelap dalam kegelapan malam, kita senantiasa ditemani dengan beragam produk dari beragam merek dan perusahaan.

Demikianlah, ketika bangun pagi dan dan beranjak ke kamar mandi, kita mungkin segera disergap dengan sabun mandi Lifebouy dan pasta gigi Pepsodent produksi Unilever. Lalu, kita sarapan sereal dan minum susu dari Nestle. Kita kemudian berangkat ke kantor, mungkin dengan naik Grand Livina dari Nissan, sembari mendengarkan musik melalui audio Kenwood dengan alunan CD produksi Sony BMG.

Di kantor kita segera menyalakan komputer bermerk Acer, membuka aplikasi email produksi Microsoft Outlook serta memprint laporan dengan kertas PaperOne di printer merk Hewlett Packard. Siang-siang, kita bersama teman makan siang di Hoka-hoka Bento, ber-sms ria melalui ponsel Nokia sambil minum teh Botol Sosro.

Senja hari kita pulang ke rumah, sesampai dirumah leyeh-leyeh sambil nonton channel RCTI dari televisi merk Samsung. Saat makan malam kita mungkin ditemani sayur mayur yang kemarin dibeli dari Carrefour dan segelas air mineral produksi Aqua. Malam merambat, dan kemudian kita beranjak tidur sambil tak lupa mematikan lampu neon merk Phillips.

Hidup kita memang tak lagi bisa dipisahkan dari beragam merk yang mengitari kita. Dan kita tahu, semua produk dan merk itu dibangun oleh sebuah perusahaan. Oleh sebuah business company. Paparan diatas dengan segera juga menyadarkan kita betapa entitas perusahaan telah memberikan pengaruh yang sedemikian mendalam dalam setiap relung kehidupan kita.

Pikiran semacam itulah yang menggelayut di kepala saya ketika melihat sebuah buku bertajuk Companies that Changed the World. Sejarah dunia kini barangkali memang banyak ditentukan oleh dinamika perusahaan bisnis. Wajah perdaban manusia mungkin kian pekat diwarnai oleh motif bisnis yang menggerakkan jutaan perusahaan itu.

Dan memang, dibalik spirit untuk membentangkan profit yang melimpah, terdapat sejumlah perusahaan yang melalui perannya benar-benar telah merubah dunia. Inilah barisan perusahaan yang dengan gigih telah memberikan sumbangan penting bagi peradabahan manusia – for better or worse.

Dalam buku itu diulas mengenai 50 perusahaan dunia yang telah memberikan peran merubah jagat dimana kita tinggal. Dalam kolom ringkas ini saya hanya akan mendedahkan kisah tiga diantaranya. Tiga perusahaan yang menurut saya telah memberikan sumbangan amat penting bagi kemajuan zaman dan kehidupan umat manusia. Lalu, siapa saja tiga perusahaan legendaris ini?

Yang pertama tentu saja adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh anak muda dari kota Seattle yang kena DO dari Harvard. Jutaan pekerja kantoran di segenap penjuru langit barangkali memulai hari kerjanya dengan membuka aplikasi keluaran perusahaan ini – entah dalam bentuk aplikasi email, excel, word ataupun sekedar membuka program windows.

Ya, Microsoft – melalui produk office-nya yang mendominasi pasar aplikasi kantoran – tak pelak telah memberikan sumbangan yang amat berarti bagi peningkatan produktivitas jutaan manusia sejagat. Tak terbayang betapa orang jaman dulu bekerja sebelum ada komputer dan program office. Mereka mengetik dengan mesin ketik yang cetak cetok itu, plus kertas karbon hitam yang belepotan (sebelum ada printer dan teknik copy paste). Betapa “indahnya” masa lalu itu……

Perusahaan legendaris kedua adalah yang produknya barangkali sekarang ada di kantong baju Anda. Perusahaan asal Finlandia ini memang merupakan pioner teknologi GSM yang menjadi cikal bikal meledaknya produk ponsel di seluruh dunia. Nokia barangkali memang representasi dari inovasi teknologi ponsel — salah satu temuan teknologi terpenting dalam era modern ini. Produk ponsel – dan Nokia sebagai salah satu pionernya – tak pelak telah merubah cara kita berkomunikasi, dan juga cara kita membangun relasi dengan orang lain.

Perusahaan yang terakhir adalah sebuah pabrikan yang didirikan anak muda jebolan teknik mesin dari kota Tokyo di Jepang. Sejak muda ia selalu bermimpi bisa membuat kendaraan kecil yang bisa membuat orang melakukan perjalanan dengan cepat dan praktis. Anak muda yang punya impian indah itu adalah Soichiro Honda, dan kelak kita mengenal produk sepeda motor legendaris bermerk Honda. Dan kini, tiap pagi, kita melihat konvoi ribuan sepeda motor Honda meliuk-liuk di jalanan, menembus angin, dan berperan menjadi angkutan yang praktis dan murah bagi rakyat kebanyakan.

Demikianlah tiga produk dari tiga perusahaan yang saya kira telah berperan merubah dunia. Aplikasi Windows, ponsel Nokia, dan sepeda motor Honda telah merubah cara kita menjalani hidup dan juga cara kita bekerja. Ketiga produk ini dengan caranya masing-masing telah ikut membentuk wajah peradaban manusia.

sumber : strategimanajemen.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s